logo blog
Selamat datang di www.newspagi.com
Terima kasih atas kunjungan Anda di website Berita Indonesia Terkini,
Temukan berita-berita terkini terupdate dan teraktual semua ada disini,
mulai berita gaya hidup, selebritis, politik, olahraga, kesehatan, dalam dan luar negeri.

belajar dan tidak belajar seperti tekun vs pisau tajam

Sebuah nasehat dari guru " setajam tajamnya sebuah pisau kalau tidak pernah diasah akan tumpul juga", dan " siapa yang bersungguh sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya" . dari kedua nasehat tersebut ada yang menarik teryata. kedua nasehat itu ada hubungannya. tapi sebelumnya nasehat itu adalah salah satu nasehat yang paling mengena di hati hingga sekarang.

Pisau di gunakan untuk memotong, memutuskan, atau menyembelih.

pisan yang tajam pasti akan mengkilap. seperti itu juga manusia yang berilmu akan terlihat berwibawa dan bercahaya juga. pisau juga tipis pada bagian yang tajam dan lebih tebal di bagian lain. saya mengartikan ini sama seperti ketika seorang yang pandai sedang berbicara maka akan fokus dan di dengarkan banyak orang. berbeda dengan orang biasa yang sedang ngomong, akan sedikit yang tertarik untuk menyimak apa yang dia sampaikan. 
ketekunan untuk membuat pisau tajam

Pisau adalah alat untuk memudahkan sebuah pekerjaan. baik itu pekerjaan dapur, atau yang lain. dalam dunia nyata ilmu itu ibarat sebuah pisau. dia akan mempermudah jalan seseorang dalam menggapai impian dan tujuan seseorang. tanpa pisau itu bambu yang kecil akan sulit terpotong sedangkan pohon yang besar bisa di robohkan dengan pisau itu. tak mengenal sebesar apa hambatan yang datang jika kunci dankeywordnya sudah di kuasai. akan ada jalan yang bisa mengeluarkan dari segala kesusahan.

maka dari itu jangan biarkan pisau itu lama tak dipakai. ibarat manusia yang jarang belajar maka orang itu akan lupa dengan materi yang pernah di pelajari. semakin banyak waktu untuk belajar semakin besar juga ilmu yang akan di dapat. belajar sama dengan mengasah pisau itu sebagai sarana mengingat kembali dan mengulang pelajaran yang pernah di terima.

Ketekunan bisa mengalahkan kepandaian

setiap insan yang besungguh sungguh saat bertindak atau menghadapai masalah pasti akan menemukan pemecahan dari problem yang dihadapi. sebagai contoh : sebatang kayu yang keras akan di potong dengan pisau yang tidak terlalu tajam, susah untuk potong. membutuhkan tenaga yang kuat, kesabaran yang besar, dan keteguhan hati. tanpa itu semua hanya akan menyisakan keputus asaan. karena dalam pengerjaan butuh waktu yang lama, tidak hanya satu dua kali pukulan tapi berulang ulang.

banyak juga contoh nyata yang bisa kita amati di sekitar kita. seorang yang sukses belum tentu karena dia itu pandai, siswa yang mendapat rangking 1 bukan tidak semuanya karena terlahir cerdas. juga seorang ilmuwan  di  tekun dalam berexperiment sehingga tercapai sebuah kesimpulan dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Hubungan kecerdasan dengan ketekunan

pisau yang dari awal penciptaan sudah tajam haruslah dirawat dan terus diasah. ketika proses pemeliharaan itu di butuhkan ketekunan dalam mengasah pisau itu. disini sudah jelas bahwa jika ingin tetap pandai, ingin tetap ingat akan ilmu yang pernah di serap harus rajin membuka lagi catatan. 

misal saja hafalan doa dan wirid yang panjang. bagi seorang murid pasti akan hafal jika sedang menghadapi ujian praktek. selepas itu ? 1 minggu, 1 bulan, atau 1 tahun pasti lupa.berbeda dengan orang tua yang dia beri wirid dan di hafalkan. setiap hari dia akan mengamalkannya. dari amalan tersebut dia seperti merefresh lagi memory di otak. jadi tidak ada kata lupa. semua akan tetap melekat kuat di pikiran. 

bagi seorang guru mapel tertentu juga dia pasti telah menguasai ilmu yang akan di ajarkan kepada muridnya. pada saat menyampaikan materi dia akan sangat terlihat luwes. materi yang ia ajarkan itu monotone setiap kelas dia ajarkan seperti itu. dan itu berulang di tahun berikutnya. 

"jadi kesimpulannya adalah kalau ingin pisau tajam maka rajinlah mengasah. kalau ingin pisau tetap tajam maka tekunlah mengasah"
Enter your email address to get update from Cerita Naruto Terbaru.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note :
Live links akan otomatis terhapus.
*) Gunakan bahasa yang baik dan sopan
*) Isi komentar sesuai artikel
*) Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di harapkan

Paling Populer

Copyright © 2013. Berita Indonesia Terkini - All Rights Reserved | Template Created by Kompi-Ajaib Proudly powered by Blogger