logo blog
Selamat datang di www.newspagi.com
Terima kasih atas kunjungan Anda di website Berita Indonesia Terkini,
Temukan berita-berita terkini terupdate dan teraktual semua ada disini,
mulai berita gaya hidup, selebritis, politik, olahraga, kesehatan, dalam dan luar negeri.

penyebab utama anak tertekan dan depresi

dewasa ini berbagai kerusuhan terjadi entah itu tawuran, anak sekolah yang mengkomsumsi narkoba atau yang terlibat dalam sex bebas. itu semua tak lepas dari lingkungan dalam keluarga. jika keluarga baik maka Anak akan merasa betah dan tidak tertekan berada dalam rumah. tapi sebaliknya jika kasih sayang itu tak ada atau sangat minim maka anak akan mencari perhatian dan kasih sayang dari dunia selain rumah. bisa di tempat PS, di tempat nongkrong atau bergaul dengan kelompok yang tidak jelas.

pepatah jawa


beberapa penyebab terjadinya hal itu karena perhatian dari orang tua yang tidak ada. sebagian besar orang mengaggap kalau anak yang orang tuanya bercerai akan mengalami broken home. apa benar demikian? saya rasa tidak. mengutip kata kata dedi dalam hitam putih " anak tertekan bukan karena kehilangan orang tua tetapi karena kehilangan perhatian". di situ jelas bahwa perhatianlah yang harus jadi prioritas pertama.

Nah dari mana perhatian itu bisa di tumbuhkan atau di dapat? keluarga tentunya selain ayah dan ibu tentu saja nenek atau kakek bibi atau saudara lain bisa kita jadikan orang tua kedua sehingga perhatian bisa tercurahkan ke kita. ada yang menemai ketika sakit, ada yang memberi apresiasi ketika kita dapat penghargaan, ada yang menjadi tempat cerita dan ada yang memperhatikan hal hal kecil yang kiranya kurang pas untuk kita.

Saya pernah membandingkan dalam pikiran saya tentang seorang anak yang di tinggal mati ibu dan yang satu lagi di tinggal mati oleh ayahnya. sangat berbeda sekali. begitu beruntung anak yang masih mempunyai ibu. karena kasih sayang tetap dapat dan nafkah juga tepenuhi. ketika besar akan sangat jauh berbeda dari sikap dan tingkahnya. itu menurut pandangan saya. karena saya sendiri juga hanya mempunyai ayah saja.

Ketika anak tertekan maka ia akan berusaha untuk mencari jalan pintas dan solusi sendiri. biasanya ketika meminta sesuatu kepada ayah maka ayah akan mengatakan " untuk apa beli barang seperti itu toh tidak akan bertahan lama ". tapi berbeda ketika pertanyaan yang sama di ajukan kepada ibu kita dengan lemah lembut beliau menjelaskan " nak saat ini ibu belum punya uang untuk membeli itu nanti kalau ibu punya uang pasti ibu belikan, selain itu coba mengerti keadaan ibu sekarang. kalau nanti untuk makan, uang kamu sekolah dan biaya lain sudah cukup baru kita beli barang itu. tapi kalau untuk makan saja belum cukup simpan dulu keinginanmu itu". walaupun inti dari penjelasan itu sama tapi anak akan lebih mudah menerima keterangan yang ibu berikan dari pada kalimat larangan dari ayah.

Maka dari itu agar anak merasa nyaman dan selalu ingin bercerita dan dekat denga ayah atau ibu pendekatan seperti di atas dirasa perlu dan harus di lakukan. semoga bisa menambah wawasan anda.
Enter your email address to get update from Cerita Naruto Terbaru.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note :
Live links akan otomatis terhapus.
*) Gunakan bahasa yang baik dan sopan
*) Isi komentar sesuai artikel
*) Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di harapkan

Paling Populer

Copyright © 2013. Berita Indonesia Terkini - All Rights Reserved | Template Created by Kompi-Ajaib Proudly powered by Blogger