logo blog
Selamat datang di www.newspagi.com
Terima kasih atas kunjungan Anda di website Berita Indonesia Terkini,
Temukan berita-berita terkini terupdate dan teraktual semua ada disini,
mulai berita gaya hidup, selebritis, politik, olahraga, kesehatan, dalam dan luar negeri.

nalar menentukan cara berpikir seseorang

proses dewasa setiap orang tidaklah sama. ada yang umur 15 tapi cara berfikirnya sudah seperti usia 20 tahun. ada juga yang sudah menginjak 24 tapi masih punya watak seperti anak umur belasan tahun.  hal ini memang wajar. banyak faktor yang menentukan hal ini terjadi. bisa karena faktor pendidikan orang tua, faktor lingkingan, cara hidup dan lain sebagainya. akan tetapi yang terpenting dalam hal kedewasaan adalah dari diri sendiri menyikapi suatu masalah.

Ada sebuah cerita di tempat kerja saya sendiri.  sebut saja dia A. tugas pokok dia adalah mangatur jumlah pemasukan dan pengeluaran PT . tapi karena dia masih anak anak . kenapa saya sebut anak anak, karena umurnya baru menginjak 17 tahun. dia hanya tahu bahwa jam pulang jam sekian dan harus berangkat kerja jam sekian. cara berpikirnya masih seperti anak sekolah yang hanya datang dan pergi saja. belum ada rasa tanggung jawab yang tumbuh dari dirinya.

Dari kasus tersebut saya jadi merasa bahwa yang namanya cara mendidik orang tua, kasih syaang yang mereka berikan kepada anaknya sangat berpengaruh kepada cara berpikir dan menghadapi suatu tanggung jawab yang di berikan kepada dia. ketika orang tua memberi pendidikan yang cukup dan agak keras maka sifat yang tertanam di benak anak adalah ia harus berusaha dan bekerja keras terlebih dahulu kalau mau mendapatkan hasil. kalau dia tidak melakukan apa apa maka jangan harap dia akan mendapatkan sesuatu.

Contoh kecil. ketika anak membantu ayah bersih bersih kebun atau membantu mencuci mobil.  secara pendidikan maka anak dapat mengenal lebih dekat ayahnya dan menambah keakraban antara keduanya juga bisa menanamkan sebagai seorang pekerja keras di dalam hati anak. sikap ini akan tertanam ketika selesai mencuci mobil ayah memberi suatu hadiah atau semacam apresiasi kepada anak . mungkin ice cream, snack, mainan atau semacamnya. maka anak akan semakin senang untuk membantu  orang lain. atau bekerja keras.

yah itu semua tergantung daripada hati dan jiwa masing masing. kalau memang wataknya akan menjadi seorang yang punya kepribadian tinggi maka akan menemukan jalan untuk berperilaku seperti yang sudah menjadi kodratnya. tapi kalau memang dia tidak seharusnya ada di temapt itu pasti ada saja jalan yang menyingkirkan dia dari kursi itu. entah itu masalah pribadi, masalah yang lain juga bisa saja menggulingkan posisinya.

itu sekedar sharing saya terhadap kelakuan teman kerja saya. dia baru si tapi sikapnya beda sekali dengan yang dulu. tapi memang yang dulu sudah tak bisa di harapkan untuk kembali lagi. pasalnya dia sudah berumah tangga dan tidak tinggal  di sini lagi. jauh merantau di sana.

hanya jadi pelajaran bahwa harus menjadi senior yang baik. mengajarkan hal yang semestinya manjadi tanggung jwab seorang karyawan. agar menjadi PT yang sukses dan semakin besar.
Enter your email address to get update from Cerita Naruto Terbaru.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

saat ku membaca Postingan ini, ku jd berfikir AKU PASTI BISA ?!!!
yeah...... ku msh pnya kesempatan utk jd yg TERBAEK !

mksh ats kunjungan anda di http://spenter.blogspot.com

Balas

aasik dech mantab

Balas

Note :
Live links akan otomatis terhapus.
*) Gunakan bahasa yang baik dan sopan
*) Isi komentar sesuai artikel
*) Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di harapkan

Paling Populer

Copyright © 2013. Berita Indonesia Terkini - All Rights Reserved | Template Created by Kompi-Ajaib Proudly powered by Blogger