logo blog
Selamat datang di www.newspagi.com
Terima kasih atas kunjungan Anda di website Berita Indonesia Terkini,
Temukan berita-berita terkini terupdate dan teraktual semua ada disini,
mulai berita gaya hidup, selebritis, politik, olahraga, kesehatan, dalam dan luar negeri.

pepatah jawa oman diboti iman di boti

dalam silsilah jawa seringkali kita menjumpai kata kata yang unik serta mengandung arti yang dalam. pesan yang terkandung di dalamnya memberi petunjuk cara hidup dan pesan moral yang tinggi. namun karena sekarang sudah jaman modern kerap remaja tidak mau mempelajari adat istiadat atau memperdalam kejawennya. justru sebaliknya budaya asing di sanjung sanjung dan di terapkan dalam kehidupan sehari hari.

Pepatah jawa atau peribahasa jawa mengatakan :
"Iman di boti Oman diboti"

ada pesan yang mendalam tentang kehidupan di balik pepatah yang pendek tersebut. makna hidup dan mati, bekal hidup dan bekal hidup sesudah hidup. apa makna yang terkandung disana? mari kita simak perlahan lahan dan cermati. semoga nanti kita bisa menyikapi kehidupan dengan sebenar benarnya.

1. Oman diboti

artinya adalah kita berkewajiban untuk mencari nafkah. atau mencari rejeki. karena hakikatnya manusia adalah ingin menggenggam segala yang ada di bumi dan dunia ini. hal itu sudah terlihat semenjak kecil. ketika lahir tangan bayi umumnya akan menggenggam. itu karena dalam genggaman itu terdapat pesan bahwa memang sifat manusia ingin menguasai apa ayng di lihatnya.

tentu saja ketika mencari nafkah itu harus mencari yang halal serta barokah. jangan sampai menempuh jalan mencuri atau merampok. berbicara mencuri teryata ada kebiasaan yang dilakukan pencuri sebelum melakukan aksinya. silahkan simak 5 fakta unik seputar pencuri. karena jalan utuk mendapat rejeki itu banyak sekali. bvahkan ada jalan atau cara yang tersebunyi yang justru mendatangkan rejeki secara tidak di sangka sangka.

menyiapkan acara makan untuk pesta


menjadi tukang sapu, menjadi guru, menjadi pemulung, menjadi pengamen, menjadi presiden dan lain sebagainya. profesi itu jika di lakukan dengan sungguh sungguh dan kemantapan hati akan membuahkan hasilnya juga. jangan hanya melihat kesenangan orang lain. ibarat orang jawa bilang "wang sinawang". artinya kesenangan yang mreka rasakan pasti punya konsekwensi yang sebanding dengan apa yang mreka terima. misalsaja seorang pelajar smp merasa kalau lebih enak menjadi anak kampus dalam benaknya yang difikirkan bahwa jarang ketemu dosen pasti akan ada banyak luang waktu untuk bermain.

namun tidak begitu dengan mahasiswa, mereka akan mengira bahwa bekerja itu lebih enak karena mendapatkan uang. jadi intinya bahwa di dunia ini keberadaanya untuk saling melengkapi satu sama lain. ada yang menjadi pedagang, ada yang menjadi petani, ada juga yang menjadi pejabat negara.

untuk bertahan hidup ini itulah gunanya untuk mencari sesuap nasi. karena kalau hanya iman yang di beratkan maka terlantarlah anak dan istri yang ada di rumah.oleh sebab itu tidak baik meninggalkan dunia akan tetapi juga tak baik kalau tidak memikirkan akhirat. alasannya ada dibawah ini

2. Iman diboti

maksud ari pesan ini adalah jangan sampai kita melupakan panggilan tuhan kita untuk beribadah. karena panggilan itu wajib hukumnya. adapun panggilan dari tuhan tersebut sangat banyak . untuk contoh saja sobat bisa membaca 3 panggilan manusia yang wajib di laksanakan. karena kalau di jelaskan di sini nanti tidak akan habis.

Iman adalah sesuatu yang tidak tampak, hanya keyakinan saja yang mampu untuk mempercayainya. tanpa iman maka hidup di dunia akan semrawut. semrawut yang di maksud ialah kita hanya akan terkondisikan untuk terus memburu apa yang ada di dunia ini. padahal dalam sebuah pengajian yang di sampaikan oleh kyai Anwar Zaid disebutkan bahwa  :
 "dunia ini sudah di perintahkan oleh Allah SWT , bagi yang hidupnya di gunakan untuk mengabdi kepada-Nya maka akan di cukupi segala kebutuhannya di dunia sedangkan yang hidupnya hanya memburu dunia maka akan di sengsarakan hidupnya oleh dunia"
itu jelas perintah itu tidak bisa di ragukan lagi. maka dari itu agam mengajarkan untuk seimbang antara duniawi dan kahirat.

dengan adanya iman di hati seseorang akan merasa tentram dan nyaman dalam menjalani kehidupan ini. semua rintangan yang menghadang akan terasa ringan. karena dia yakin bahwa yang maha kuasa pasti memberi pertolongan.

jadi kesimpulannya :

 untuk iman diboti oman diboti ( dalam bahasa indonesia : iman di laksanakan, kebutuhan hidup juga harus dicari).  ialah balancing antara ukrowi dan duniawi. jika hanya salahsatu saja yang menonjol pasti hidupnya tidak akan damai dan nikmat. dan jika salah satu di tinggalkan maka kelangsugnan hidupnya akan terancam.

jika dunia yang di tinggalkan maka ia tidak bisa makan, dan mencukupi kebutuhan dapur, sedangkan jika ia meninggalkan ibadah dan akhirat ia tidak akan menikmati makanan di akhirat nanti. jadi mari kita kondisikan agar keduanya berjalan beriringan.

Enter your email address to get update from Cerita Naruto Terbaru.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

hahhahah . ada ada aja . izin sedot gan ?

Balas

ijin sedot? kan bukan software gan

Balas

Note :
Live links akan otomatis terhapus.
*) Gunakan bahasa yang baik dan sopan
*) Isi komentar sesuai artikel
*) Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat di harapkan

Paling Populer

Copyright © 2013. Berita Indonesia Terkini - All Rights Reserved | Template Created by Kompi-Ajaib Proudly powered by Blogger